Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tips Persiapan Sebelum Cadet Melaksanakan PRALA

Asssalamu alaikum, salam sejahtera buat kita semua!


Hari ini saya akan membahas tentang PRALA/PROLA, pasti kebanyakan dari kalian sudah tahu atau mungkin sudah  menjalani yang namanya "ptaktek kerja laut" dan merasakan asam garam kehidupan di atas kapal, nah khususnya para cadet atau taruna yang belum mengetahui atau menjalani PRALA saya akan berbagi sedikit tips-tips tentang persiapan yang harus dilakukan seorang cadet sebelum menjalani PRALA di kapal, baik kapal lokal maupun kapal asing.

Sebelum saya meberikan tips-tips tersebut, maka terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa dan bagaimana PRALA/PROLA itu?

PRALA (Praktek Kerja Laut) adalah suatu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap taruna/cadet akademi pelayaran di indonesia maupun dunia untuk melengkapi kegiatan studynya, PRALA ini dilakukan langsung di lapangan atau lebih jelasnya mempraktekan semua kegiatan pembelajaran yang telah diterima di academy yang kurang lebih 2 tahun (4 semester), Setiap cadet menjalani PRALA kurang lebih 1 tahunan di atas kapal maksimal, dan minimal 8 bulan sesuai yang telah di tetapkan oleh IMO dan DISHUBLA tentunya, kurang lebih beginilah pengertian atau apa yang dimaksud PRALA itu!

Nah pada bagian ini saya akan berbagi tips-tips kepada kalian para cadet atau taruna yang sudah mau melaksanakan PRALA :

1.) Minta restu, doa, dan support kepada kedua orang tua, agar pada  saat saudara-saudara taruna menjalani PRALA dapat melaksanakan dengan lancar dan sesuai keinginan, bagaimanapun doa adalah unsur utama dalam kehidupan

2.)Minta lah surat pengantar dari kampus saudara masing-masing (recomended), agar pada saat melamar di perusahaan dapat menjadi pertimbangan pihak perusahaan, terlebih apalagi jika ada senior yang sudah bekerja pada peusahaan tersebut, tentunya anda juniornya dari academy atau instantsi yang sama akan di prioritaskan

3.)Persiapakan berkas-berkas saudara-saudara taruna sebelum berangkat untuk melamar ke perusahaan, seperti SKL, CV, Sertifikat-sertifikat, Bukpel(seaman book), Passport, Buku kuning(yellow fever), etc.

4.)Jika anda masih berada di tempat ada tinggal, dimana yang saya masud disini masih belum berangkat keluar daerah untuk mencari perusahaan, seperti berangkat ke mess masing-masing institusi yang kebanyakan berada di kota-kota besar, antara lain jakarta, surabaya, batam, dll. ada baiknya ada mengirim sebanyak-banyaknya CV (Curuculum Vitae) ke perusahaan baik secara Online ataupun datang lansung ke perusahaan tersebut.

5.)Hindarilah menggunakan "Calo" atau yang lebih dikenal dengan nama "Broker" di kalangan anak pelayaran, karena kebanyakan dari mereka hanya ingin memeras uang kalian dengan mengatasnamakan
nama-nama perusahaan yang terkenal, jika memang ada oknum yang anda dapati sedemikian ini telusurilah kebenaran dan seluk beluknya, jangan langsung percaya, so keep safe and keep try brother!

6.)Dan ini hal yang terakhir yang bisa saya bagi dan mungkin yang paling penting untuk anda ketehaui dan lakukan, carilah perusahaan yang mempunyai kapal sesuai standarisasi kapal yang harus saudara-saudara taruna naiki saat PRALA, as far as i am concern (sepanjang penegtahuan saya) standar untuk cadet nautika :
>750 GT dan untuk cadet mesin : >750 KW=2000 HP, kerjakan lah paket anda di atas kapal sesuai yang telah di arahkan oleh dosen masing-masing!

Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara taruna yang sudah mau melaksakan "praktek kerja laut" agar sukses menjalaninya,minta maaf kalo masih ada yang kurang dan mohon saudara-saudara yang lebih tahu dan berpengelaman agar kiranya sudi meninggalkan komentar. jayalah pelaut sulawesi, jayalah pelaut indonesia!

                                                   
 
                                                        "JALAS VEVA JAYA MAHE"
                                                                    AND SAY
                                                            " NAVIGO ET REVENI"







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

22 komentar:

Heri mengatakan...

wih keren gan ilmunya, saya numpang BW dan nyimak aja, bukan pelaut sih saya, tapi semoga bermanfaat dah :D

Unknown mengatakan...

Sangat Bermanfaat Ini Gan Bagi Saya Yang Mau Prala /Prola

Unknown mengatakan...

Terimakasih letting

Unknown mengatakan...

Makasi atas infonyaa..

Unknown mengatakan...

Makasi atas infonyaa..

Unknown mengatakan...

kami sudah lulus SMK Pelayaran TKN tapi belum ATT IV dan simulator sudah bayar 7,5 jt tapi belum juga karena belum approve bgm? tolong info kenapa?

Unknown mengatakan...

info chan dong bang, gua dari spm jaya engine cadet

Unknown mengatakan...

info channel ny juga bg saya dari AMI JAKARTA
Nautika cadet

Unknown mengatakan...

Permisi bang boleh nanya gak . Boleh gak ngulang prala.

Unknown mengatakan...

Permisi bang boleh nanya gak . Boleh gak ngulang prala.

Penonton mengatakan...

Izin pak, apakah ada penerimaan cadet untuk taruna STIMART AMNI SEMARANG ?
mohon info nya

Unknown mengatakan...

Info Chan nya bang untuk engine cadet,saya dari AMI JAKARTA . NOMOR HP SAYA :081317480900
GMAIL:horassimbolon18@gmail.com

Unknown mengatakan...

Untuk cadet dari smk pelayaran minimal kw atau hp nya berapa ya gan minta pencerahannya.

Unknown mengatakan...

2000 hp gan

Unknown mengatakan...

Assalamu alaikum semua, maaf setelah saya posting ini, hari ini baru sya buka lagi blognya maaf seribu maaf untuk itu akan saya balas satu persatu komentarnya
thanks in advance

Unknown mengatakan...

Terima kasih infonya gan sangat membantu
Kalo mau tau update terbaru berita pelayaran klik ini
https://www.portalpelaut.com/

Raa mengatakan...

Bg ada info deck cadet untuk bisa ikut prala bg?! Mohon infonya bg

Unknown mengatakan...

apakah boleh cadet deck prola di tongkang cpo, pengalaman 6 bulan di kapal roro

Vildmar mengatakan...

Mau nanya temen saya ngadet kurang dari 750 kw (kadet mesin)terus sudah terlanjur di sijil nyabitu 662 kw itu gmna tar bermasalah ga makasih.

Popeye mengatakan...

Kalau untuk akademi,sekolah tinggi pelayaran,dan poltekpel.
Persyaratan:
1.deck :GT 1000
2.Engine :1000 hp/750 KW.

Unknown mengatakan...

Makasi buat info nya, ini membantu sekali

Abyan mengatakan...

Iyakah bang? Tapi penulis nulisnya 2000 hp jadi makin susah juga kita cari kapal buat kadet ini

Posting Komentar