Asssalamu alaikum, salam sejahtera buat kita semua!
Hari ini saya akan membahas tentang PRALA/PROLA, pasti kebanyakan dari kalian sudah tahu atau mungkin sudah menjalani yang namanya "ptaktek kerja laut" dan merasakan asam garam kehidupan di atas kapal, nah khususnya para cadet atau taruna yang belum mengetahui atau menjalani PRALA saya akan berbagi sedikit tips-tips tentang persiapan yang harus dilakukan seorang cadet sebelum menjalani PRALA di kapal, baik kapal lokal maupun kapal asing.
Sebelum saya meberikan tips-tips tersebut, maka terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa dan bagaimana PRALA/PROLA itu?
PRALA (Praktek Kerja Laut) adalah suatu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap taruna/cadet akademi pelayaran di indonesia maupun dunia untuk melengkapi kegiatan studynya, PRALA ini dilakukan langsung di lapangan atau lebih jelasnya mempraktekan semua kegiatan pembelajaran yang telah diterima di academy yang kurang lebih 2 tahun (4 semester), Setiap cadet menjalani PRALA kurang lebih 1 tahunan di atas kapal maksimal, dan minimal 8 bulan sesuai yang telah di tetapkan oleh IMO dan DISHUBLA tentunya, kurang lebih beginilah pengertian atau apa yang dimaksud PRALA itu!
Nah pada bagian ini saya akan berbagi tips-tips kepada kalian para cadet atau taruna yang sudah mau melaksanakan PRALA :
1.) Minta restu, doa, dan support kepada kedua orang tua, agar pada saat saudara-saudara taruna menjalani PRALA dapat melaksanakan dengan lancar dan sesuai keinginan, bagaimanapun doa adalah unsur utama dalam kehidupan
2.)Minta lah surat pengantar dari kampus saudara masing-masing (recomended), agar pada saat melamar di perusahaan dapat menjadi pertimbangan pihak perusahaan, terlebih apalagi jika ada senior yang sudah bekerja pada peusahaan tersebut, tentunya anda juniornya dari academy atau instantsi yang sama akan di prioritaskan
3.)Persiapakan berkas-berkas saudara-saudara taruna sebelum berangkat untuk melamar ke perusahaan, seperti SKL, CV, Sertifikat-sertifikat, Bukpel(seaman book), Passport, Buku kuning(yellow fever), etc.
4.)Jika anda masih berada di tempat ada tinggal, dimana yang saya masud disini masih belum berangkat keluar daerah untuk mencari perusahaan, seperti berangkat ke mess masing-masing institusi yang kebanyakan berada di kota-kota besar, antara lain jakarta, surabaya, batam, dll. ada baiknya ada mengirim sebanyak-banyaknya CV (Curuculum Vitae) ke perusahaan baik secara Online ataupun datang lansung ke perusahaan tersebut.
5.)Hindarilah menggunakan "Calo" atau yang lebih dikenal dengan nama "Broker" di kalangan anak pelayaran, karena kebanyakan dari mereka hanya ingin memeras uang kalian dengan mengatasnamakan
nama-nama perusahaan yang terkenal, jika memang ada oknum yang anda dapati sedemikian ini telusurilah kebenaran dan seluk beluknya, jangan langsung percaya, so keep safe and keep try brother!
6.)Dan ini hal yang terakhir yang bisa saya bagi dan mungkin yang paling penting untuk anda ketehaui dan lakukan, carilah perusahaan yang mempunyai kapal sesuai standarisasi kapal yang harus saudara-saudara taruna naiki saat PRALA, as far as i am concern (sepanjang penegtahuan saya) standar untuk cadet nautika :
>750 GT dan untuk cadet mesin : >750 KW=2000 HP, kerjakan lah paket anda di atas kapal sesuai yang telah di arahkan oleh dosen masing-masing!
Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara taruna yang sudah mau melaksakan "praktek kerja laut" agar sukses menjalaninya,minta maaf kalo masih ada yang kurang dan mohon saudara-saudara yang lebih tahu dan berpengelaman agar kiranya sudi meninggalkan komentar. jayalah pelaut sulawesi, jayalah pelaut indonesia!
"JALAS VEVA JAYA MAHE"
AND SAY
" NAVIGO ET REVENI"
Nah pada bagian ini saya akan berbagi tips-tips kepada kalian para cadet atau taruna yang sudah mau melaksanakan PRALA :
1.) Minta restu, doa, dan support kepada kedua orang tua, agar pada saat saudara-saudara taruna menjalani PRALA dapat melaksanakan dengan lancar dan sesuai keinginan, bagaimanapun doa adalah unsur utama dalam kehidupan
2.)Minta lah surat pengantar dari kampus saudara masing-masing (recomended), agar pada saat melamar di perusahaan dapat menjadi pertimbangan pihak perusahaan, terlebih apalagi jika ada senior yang sudah bekerja pada peusahaan tersebut, tentunya anda juniornya dari academy atau instantsi yang sama akan di prioritaskan
3.)Persiapakan berkas-berkas saudara-saudara taruna sebelum berangkat untuk melamar ke perusahaan, seperti SKL, CV, Sertifikat-sertifikat, Bukpel(seaman book), Passport, Buku kuning(yellow fever), etc.
4.)Jika anda masih berada di tempat ada tinggal, dimana yang saya masud disini masih belum berangkat keluar daerah untuk mencari perusahaan, seperti berangkat ke mess masing-masing institusi yang kebanyakan berada di kota-kota besar, antara lain jakarta, surabaya, batam, dll. ada baiknya ada mengirim sebanyak-banyaknya CV (Curuculum Vitae) ke perusahaan baik secara Online ataupun datang lansung ke perusahaan tersebut.
5.)Hindarilah menggunakan "Calo" atau yang lebih dikenal dengan nama "Broker" di kalangan anak pelayaran, karena kebanyakan dari mereka hanya ingin memeras uang kalian dengan mengatasnamakan
nama-nama perusahaan yang terkenal, jika memang ada oknum yang anda dapati sedemikian ini telusurilah kebenaran dan seluk beluknya, jangan langsung percaya, so keep safe and keep try brother!
6.)Dan ini hal yang terakhir yang bisa saya bagi dan mungkin yang paling penting untuk anda ketehaui dan lakukan, carilah perusahaan yang mempunyai kapal sesuai standarisasi kapal yang harus saudara-saudara taruna naiki saat PRALA, as far as i am concern (sepanjang penegtahuan saya) standar untuk cadet nautika :
>750 GT dan untuk cadet mesin : >750 KW=2000 HP, kerjakan lah paket anda di atas kapal sesuai yang telah di arahkan oleh dosen masing-masing!
Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara taruna yang sudah mau melaksakan "praktek kerja laut" agar sukses menjalaninya,minta maaf kalo masih ada yang kurang dan mohon saudara-saudara yang lebih tahu dan berpengelaman agar kiranya sudi meninggalkan komentar. jayalah pelaut sulawesi, jayalah pelaut indonesia!
"JALAS VEVA JAYA MAHE"
AND SAY
" NAVIGO ET REVENI"
22 komentar:
wih keren gan ilmunya, saya numpang BW dan nyimak aja, bukan pelaut sih saya, tapi semoga bermanfaat dah :D
Sangat Bermanfaat Ini Gan Bagi Saya Yang Mau Prala /Prola
Terimakasih letting
Makasi atas infonyaa..
Makasi atas infonyaa..
kami sudah lulus SMK Pelayaran TKN tapi belum ATT IV dan simulator sudah bayar 7,5 jt tapi belum juga karena belum approve bgm? tolong info kenapa?
info chan dong bang, gua dari spm jaya engine cadet
info channel ny juga bg saya dari AMI JAKARTA
Nautika cadet
Permisi bang boleh nanya gak . Boleh gak ngulang prala.
Permisi bang boleh nanya gak . Boleh gak ngulang prala.
Izin pak, apakah ada penerimaan cadet untuk taruna STIMART AMNI SEMARANG ?
mohon info nya
Info Chan nya bang untuk engine cadet,saya dari AMI JAKARTA . NOMOR HP SAYA :081317480900
GMAIL:horassimbolon18@gmail.com
Untuk cadet dari smk pelayaran minimal kw atau hp nya berapa ya gan minta pencerahannya.
2000 hp gan
Assalamu alaikum semua, maaf setelah saya posting ini, hari ini baru sya buka lagi blognya maaf seribu maaf untuk itu akan saya balas satu persatu komentarnya
thanks in advance
Terima kasih infonya gan sangat membantu
Kalo mau tau update terbaru berita pelayaran klik ini
https://www.portalpelaut.com/
Bg ada info deck cadet untuk bisa ikut prala bg?! Mohon infonya bg
apakah boleh cadet deck prola di tongkang cpo, pengalaman 6 bulan di kapal roro
Mau nanya temen saya ngadet kurang dari 750 kw (kadet mesin)terus sudah terlanjur di sijil nyabitu 662 kw itu gmna tar bermasalah ga makasih.
Kalau untuk akademi,sekolah tinggi pelayaran,dan poltekpel.
Persyaratan:
1.deck :GT 1000
2.Engine :1000 hp/750 KW.
Makasi buat info nya, ini membantu sekali
Iyakah bang? Tapi penulis nulisnya 2000 hp jadi makin susah juga kita cari kapal buat kadet ini
Posting Komentar